Tentang VSAT ?

1. Apa itu VSAT ?
VSAT singkatan dari Very Small Aperture Terminal, yaitu satu perangkat yang terdiri atas peralatan outdoor - antenna parabola - 1.8m atau 2.4m atau lebih besar, LNA / LNB, penguat sinyal RF (radio frequency), dan peralatan indoor yaitu modem. Modem dapat berfungsi pula sebagai router.
Biasanya VSAT diinstall di kantor cabang pelanggan yang membutuhkan akses komunikasi dengan kantor pusat dan/atau Data Center pelanggan.

2. Apa itu HUB VSAT ?
HUB VSAT adalah sistem yang mengontrol dan memonitor seluruh VSAT yang terpasang, sekaligus juga tempat transit bagi lalu lintas data dari VSAT menuju Data Center pelanggan maupun kebalikannya dari Data Center pelanggan menuju VSAT.

3. Aplikasi apa saja yang dapat menggunakan VSAT ?
Jaringan VSAT dapat digunakan untuk transmisi data, suara dan video yang berdasarkan protokol IP (internet protocol). Karena VSAT merupakan teknologi berbasis satelit dimana terdapat propagation delay karena faktor jarak satelit dari permukaan bumi, aplikasi yang menggunakannya perlu dibuat sedemikian rupa sehingga meminimalkan jumlah transmisi bolak-balik antara client dengan server.
Catatan: tim engineer Sanatel dengan senang hati akan membantu pelanggan melakukan evaluasi terhadap hal ini dan memberikan solusi yang tepat.

4. Apa itu saluran backhaul ?
Saluran backhaul adalah saluran yang menghubungkan Hub dengan Data Center pelanggan. Sanatel memiliki kerjasama dengan beberapa perusahaan besar utama penyedia saluran backhaul seperti fiberoptic dan microwave.

5. Apa itu Sun Outage ?
Sun Outage adalah peristiwa alam dimana posisi bumi, satelit dan matahari berada dalam sebuah garis lurus yang mengakibatkan terjadinya thermal noise yang tinggi. Thermal noise yang tinggi tersebut membuat banyak paket-paket data mengalami error sehingga harus diulang (retransmission). Dalam kondisi terburuk transmisi dapat terputus.

Sun outage terjadi selama + 8 (delapan hari) berurutan di bulan Maret dan September setiap tahunnya, dimana durasi gangguan thermal noise hanya berlangsung 2-5 menit saja per hari kejadian.

2-3 minggu sebelum Sun Outage terjadi, Sanatel akan memberikan informasi kepada seluruh Pelanggan tentang wilayah dan waktu (tanggal, jam dan menit) terjadinya peristiwa Sun Outage tersebut, sehingga pelanggan dapat melakukan persiapan antisipatif jika diperlukan.